4 Penyebab Cedera Lutut yang Perlu Anda Tahu

Dalam beraktivitas sehari-hari entah aktivitas olahraga atau lainnya, tidak jarang ada hal-hal diluar dugaan yang terjadi. Baik itu kepleset, terkilir, atau terjatuh hingga membuat lutut terluka dan nyeri yang mengarah ke diagnosa ACL. Alhasil Anda harus mengeluarkan biaya tak terduga untuk biaya operasi ACL.

Lantas apa sih penyebab ACL atau Anterior Cruciate Ligaments ini? Berikut ulasannya.

1. Terjatuh 

Terjatuh dengan posisi lutut terlebih dahulu mengalami benturan dapat menjadi penyebab utama cedera lutut. Setelah terjatuh, tenangkan lebih dulu tubuh Anda khususnya pada bagian yang terbentur lebih keras. Apabila setelah terjatuh ada bagian tubuh yang terasa nyeri cukup hebat segera lakukan pemeriksaan medis.

2. Pergerakan mendadak 

Lutut yang digerakkan mendadak dapat berpotensi mengalami cedera lutut. Seperti saat bergerak dengan intensitas cepat dan mendadak berhenti tanpa melambatkannya. Selain itu, mengubah arah gerakan kaki secara spontan tanpa jeda dapat juga mengakibatkan cedera lutut. 

3. Melompat tidak tepat

Anda yang sering melakukan lompatan-lompatan harus berhati-hati saat melakukannya. Perhatikan posisi kaki dan tempat lompatan apakah sudah pas atau belum. Kemudian melakukan perubahan posisi secara mendadak dari diam lalu melompat dan berputar dapat menimbulkan cedera pada lutut. Jika dilakukan terlalu sering dapat berpotensi cedera lutut ACL. 

Amati perkembangan lutut Anda setiap hari jika memiliki kebiasaan tersebut. Jika muncul nyeri yang tidak biasa, kemungkinan besar itu adalah indikasi cedera lutut ACL. Cari tahu berapa biaya operasi ACL apabila berniat melakukan tindakan operasi sebagai upaya penyembuhan. 

4. Tabrakan langsung pada bagian lutut

Kontak fisik yang terjadi pada bagian lutut dapat membuat lutut cedera. Biasanya olahraga seperti sepakbola dapat memicu tabrakan secara langsung antara lutut dengan bola. Benturan langsung tersebut jika cukup keras sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. 

Biaya operasi ACL harus segera dicari saat mengetahui jenis cedera yang ada pada lutut Anda. Empat penyebab di atas dapat dijadikan pengingat agar tidak bergerak terlalu berlebihan. Sebisa mungkin bergerak pelan dan tidak mendadak agar tidak mengagetkan lutut.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini